April 9, 2015

Madura, Tempat Wisata Terpendam di Jawa Timur

Madura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau Madura diskenal dengan sebutan Tanah Garam. Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.168 km2 (lebih kecil daripada pulau Bali). Bali oh Baliku.
Perjalanan ini bareng cewek cewek hebat, Roshi, Yanny, Rizka n Dayu. Hi Girls. Capcuss. Jembatan Nasional Suramadu merupakan pintu masuk utama menuju Madura, selain itu untuk menuju pulau ini bisa dilalui dari jalur laut ataupun melalui jalur udara. Untuk jalur laut, bisa dilalui dari Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya menuju Pelabuhan Kamal di bangkalan, Selain itu juga bisa dilalui dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Kalianget di Sumenep, ujung timur Madura.

Beberapa tempat yang terkenal di Pulau Madura adalah kuliner Bebek Sinjay di Kabupaten Bangkalan. Mau makanan enak lagi? Dapur Asela di Kabupaten Sampang menu andalanny kepiting dan Rumah Makan Juko Tonoh di Kabupaten Pamekasan aku suka otak otak rajungannya. Hehe, marii makaaan..
Beberapa tempat wisata yang kali ini sempet dikunjungi yaitu Pantai Slopeng, Pantai Lombang, dan Batu Putih.
Pantai Lombang merupakan bagian dari Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Dari pusat kota Sumenep jaraknya sekitar 27,8 Km ke arah timur laut. Perjalanan sekitar satu jam-an. Jika ditempuh dari Suramadu, jaraknya sekitar 182 Km. Sekitar 4-5 jam perjalanan dengan mobil pribadi. Bibir pantai yang ditumbuhi cemara udang membuat pantai ini terlihat berbeda. Selain itu, pasir halus berwarna putih yang terhampar juga menambah kecantikan pantai ini.

Wisatawan juga bisa menikmati destinasi laut dengan menyewa perahu yang disediakan oleh para nelayan setempat. Jika tidak tertarik bermain air, bisa menikmati wisata menunggang kuda. Di situ ada beberapa warga yang menyediakan jasa tunggangan kuda dengan tarif Rp 15.000/orang. di leher kuda disini diisi kain, ga tau buat apa, tapi jadi warna warni diliatnya.
Pedagang makanan disini juga banyak, jadi bisa menikmati pantai sambil makan dan minum kelapa muda. Segeerrr..

Lanjut lagi perjalanan ke Pantai Slopeng yang berada di Desa Sema'am, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura. Pantai ini berada di bagian utara Pulau Madura dan berjarak 21 km dari kota Sumenep. Pantai ini berpasir putih dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga tidak perlu khawatir untuk bermain di pinggir pantai.

Sudah 2 pantai, sekarang kita jalan jalan lagi ke dataran ya buat foto-foto. Ada lokasi unik tebing-tebing batu yang belum banyak diketahui  wsatawan. Iyalah, tempatnya agak masuk ke dalam dan sepi. Sepanjang perjalanan bisa dihitung berapa kendaraan yang kita lewati.

Tebing Batu Putih terletak di kecamatan Batu putih, Sumenep. Berjarak kurang lebih 30 km dari wisata pantai Slopeng, kecamatan Dasuk, 21 km dari Pusat Kota Sumenep. Jarak tempuh menggunakan kendaraan sekitar 1 jam, pengunjung yang menuju daerah tersebut akan disuguhi pemandangan pesisir pantai utara Madura.

Oke, enough yaaa sehari di Pulau Madura, lain kali mau ke Gili Labak, katanya sii mirip Gili yang di Lombok ;)

No comments:

Post a Comment