April 23, 2015

Snorkeling di Pulau Menjangan

 
Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan salah satu anggota kepulauan Karimunjawa dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. &Menjangan& dalam bahasa setempat berarti &rusa / kijang& dikarenakan pulau ini di huni kawanan rusa atau kijang liar. Pulau menjangan ini di terkenal dengan Wall Diving terbaik di Bali. (Wikipedia)

Perjalanan kali ini di mulai dri Surabaya, naik kereta dari Terminal Gubeng ke Terminal Karangasem di Banyuwangi, dengan tiket kereta Rp 100.000, sampai di stasiun karangasem, Jarak tempuh Surabaya-Banyuwangi sekitar 261 km, kalo naik kereta bisnis atau eksekutif itu 6,5 jam. Sampai di banayuwangi dijemput sama travel deh. Oya, jalan jalan ini sama 12 orang temen, Pras, Dayu, Yuda, Yanny, Roshi, Mas Inung, Mba Jayanti, Mas Deddy, Mba Fani, Mas Agung, Mba Friska, Mas Ian. Rameeeee rek!
Cara utama untuk sampai ke Pulau Menjangan adalah menggunakan perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat. Perahu ini berada di pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Teluk Terima. Alternatif lain adalah naik perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang, bersebelahan dengan Mimpi Menjangan Resort.
Dari terminal kita langsung cus ke Pantai Watu Dodol buat sarapan trus langsung ke arah utara menuju tempat snorkeling. 
Setelah mencoba pelampung dan briefing, kita langsung naik ke perahu untuk menuju ke pulau menjangan, lumayan lama, satu jam lebih. Haha. Sedihnya sepanjang perjalanan ada beberapa tempat yg sampahnya banyak banget, tercemar..

Akhirnya sampai deh.. disini lautnya beneran bersih, jernih banget, karang n koralnya bagus bagus, ikan warna warni, ada yg kecil, ada yg besar. Kalo snorkeling jangan di tempat yg terlalu rendah, biar karang n koralnya ga kena injak, kan kasian kalo rusak, harus nunggu bertahun tahun buat bagus lagi..

udah sering snorkeling? Ga lengkap kalo belum ke Pulau Menjangan. Pulau Menjangan, yayaaaayyyyy!

No comments:

Post a Comment