July 18, 2014

Camping di Bumi Perkemahan Danau Buyan

Bosen di rumah aja, akhirnya aku, sintya, dewi dan pitri memutuskan untuk camping, kedengerannya keren kan.. haha 



Kita memilih Camp di Bumi Perkemahan Danau Buyan, yang terletak di Desa Pancasari, Singaraja. Atau perbatasan antara kabupaten tabanan dan kabupaten buleleng. Untuk menuju ke lokasi dari denpasar membutuhkan waktu 1,5 jam (naik motor pelan pelan, ekhm). Lokasi terletak 1 km dari kebun raya bedugul (patung jagung). Penandanya adalah pasar pancasari yg ada patung buah strawberi, di sebelah pasar tersebut terdapat jalan masuk ke barat, kemudian ikuti jalan tersebut sekitar 2,5 km maka anda akan sampai di Bumi Perkemahan Danau Buyan. Jalannya lumayan lebar, muat kok mobil masuk kesini.

Saya berangkat pukul 14.00 dari denpasar dan tiba di lokasi pukul 16.00. Untuk masuk ke lokasi perkemahan, anda dikenakan tarif masuk Rp 6.000,00

Lokasi perkemahan sangat luas dan terletak di samping danau. Pemandangan yang indah apalagi kalau sudah bosan dengan hiruk pikuk perkotaan. Menurut ibu ibu pedagang, lokasi ini sangat ramai dikunjungi di kala liburan kenaikan kelas dan sering digunakan sebagai lokasi perkemahan untuk persami, masa orientasi siswa dan ospek mahasiswa ataupun liburan keluarga.

Udara sore itu sangat cerah, secerah hatikuu *eeaaa* tapi ga terlalu panas karna udara disana memang terkenal dingin. Kemudian kami memilih lokasi yang datar dan empuk agar nanti malam bisa tidur nyenyak. Kita langsung memasang tenda. Yaps, 1 tenda  untuk 4 orang. Setelah selesai kemudian menghaturkan sesajen di beberapa pura dan di depan tenda. Finish.

Untuk mempersiapkan acara malam, kita berencana membuat api unggun, dan langsung menuju ke depan tempat perkemahan. Beberapa warga membuka usaha dagang dan mereka sangat ramah menyambut kita yang kebingungan, hehe. Selain menyediakan makanan dan minuman juga menyediakan beberapa fasilitas, seperti :
Sewa tenda
Sewa pancing 5.000
Charge handphone 5.000
Kayu bakar 10.000/ikat
Minyak gas 10.000/botol kecil
Sewa kamar mandi

Tapi aku lebih milih sewa tenda di denpasari sih, jauh lebih murah hehe


Semakin malam ternyata semakin ramai orang yang berkemah, saya sempat menghitung ada sekitar 24 tenda yang berkemah malam itu. Jika di rata-ratakan 4 orang per tenda maka ada 96 orang yang berkemah malam itu.

Serunya memantau orang camping malem malem gini, ada tenda yang memanggang ayam, ada yang bernyanyi, kita sih di tenda aja menikmati malam dengan membuat api unggun, jagung bakar dan sambil tiduran dibawah bulan purnama *aw aw*. Sepanjang malam kita menghabiskan 3 ikat kayu bakar dan 1 botol minyak tanah. Cukup hemat.

Tapi sayangnya keesokan harinya hujan rintik2 tak kunjung reda. Jadi ga sempat menyusuri jalan setapak di hutan, cuma mancing dan foto di sepanjang danau.




4 comments:

  1. Kalau bawa tenda sendiri, ntar masangnya sendiri juga atau boleh minta bantuan orang disitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masang sendiri, gampang kok, tutorialnya banyak di youtube..

      Delete
    2. Menyewa dari pihak kami juga bisa VIA telepon ke nomor 081337220994

      Delete
    3. Menyewa dari pihak kami juga bisa VIA telepon ke nomor 081337220994

      Delete