August 31, 2014

Jalan - jalan Nusa Lembongan

Pulau Lembongan atau dalam bahasa Bali disebut Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil terletak  berdekatan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Penida  yang terletak di Selat Badung sebelah tenggara Pulau Bali


Info dari wikipedia, Pulau ini memiliki panjang 4,6 km dan lebar 1-1,5 km ini berada kira-kira 11 km di sebelah tenggara Bali, Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Indonesia. Mata pencaharian utama masyarakat Nusa Lembongan adalah sebagai petani rumput laut. Sebagian lagi bekerja di sektor pariwisata dan sektor penunjang pariwisata. Nusa Lembongan terbagi menjadi dua desa yakni Desa Lembongan dan Desa Jungutbatu. 

Pantai-pantai yang menarik dan terkenal di Desa Lembongan antara lain; Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, Selagimpak, Selambung, Sunset Beach, Pemalikan, Lebaoh (pantai pusat rumput laut) dll. Tempat-tempat lain yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain; Rumah Bawah Tanah (Underground House) Gala-gala, Goa Sarang Walet Batu Melawang, Art Shop Center Buanyaran, Rawa-rawa Pegadungan, Tempat Romantis Kolong Pandan Sunset Park dll.
Desa Lembongan banyak mempunyai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti pantai berpasir putih yang sangat menarik ( Dream Beach ) , goa alam dan buatan yang unik ( Gala Gala Underground House ), tebing laut yang menantang Dream Beach ) , rawa-rawa yang penuh misteri ( Mangrove ) yang menarik minat pengunjung untuk datang dan banyak lagi yang menarik di Desa Lembongan. I got  all!


 
Transportasi dari dan ke Nusa Lembongan dan Desa Lembongan dengan Pulau Bali ditempuh melalui jalur laut yakni; dari dan ke Bali timur melalui jalur Pelabuhan Tri Buwana - Bias Munjul Ceningan kangin, dari dan ke Bali Barat melalui jalur Pelabuhan Sanur Denpasar - Pelabuhan Tanjung Sanghyang Lembongan. Lama perjalanan dari sanur menuju Tanjung Sanghyang Lembongan sekitar 1 - 1,5 jam menggunakan jukung (jangolan) dan sekitar 30 menit kalo menggunakan speed boat. Transportasi dari dan ke Desa Lembongan ada yang pagi hari menggunakan jukung, siang dan sore menggunakan speed boat.


Tapi, berhubung abis jalan jalan dari Nusa penida, menuju lembongan cukup dengan jukung dengan membayar Rp 25.000 per orang. Cuma punya waktu 1 hari untuk jalan-jalan di Nusa lembongan, akhirnya kita memutuskan untuk berangkat ke Goa Gala-gala, Dream Beach, dan Mangrove. Check this out. Jembatan Kuning   Dream Beach    Gala Gala Underground House   Mangrove   

Untuk keliling keliling nusa lembongan, ga mungkin jalan kaki, akhirnya kita nyewa pick up *alat transportasi disini ada 2 pilihan, pick up n sewa motor*
Pick up ini cukup buat 15 orang, harganya Rp 400.000 untuk rute hari ini jembatan kuning - gala gala - dreambeach - mangrove - jembatan kuning. Sudah include pak supirnya. Pick upnya dibelakang ada tempat duduk dan atapnya juga, jadi ga panas panas amat.

Ngobrol sama bapak supir, yang asli nusa lembongan, dapet informasi kalau mata pencaharian disini kebanyakan jadi petani rumput laut. Makanan khasnya nasi sela atau nasi singkong, tapi sekarang udah jarang ada yang jual disini. Harga penginapan di nusa lembongan juga lebih mahal dibandingkan nusa penida. Penginapan mulai harga 250.000 saat low season dan bisa sampai 400.000 saat high season. Harga hotel berbintang sampai jutaan rupiah. Dan sering full booked. Hebat ya Nusa Lembongan.
Sebenernya liputan ini pasti lebih seru kalo ada videonya, tapi presenternya lagi sakit tenggorokan, cukup foto aja, next time pasti dibikinin video. 

Sewa jukung Rp 25.000 per orang.
Sewa pick up  Rp 400.000 
 
Semua perjalanan Sanur - Nusa Penida - Nusa Lembongan - Nusa Penida - Padang Bay, (3 hari 2 malam) menghabiskan kurang dari Rp 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah). Hemat kan!! :)
 

2 comments:

  1. hai sis, saya shirley.
    mau tanya nih, kebetulan saya april nanti mau ke nusa lembongan juga.
    di sama yg menyewakan pick up + sopirnya banyak ya?
    soalnya saya baca2 artikel rasanya kok kebanyakan motor doang yang nyewainnya.
    tempat penyewaaannya di mananya mereka ngetemnya sis d nusa lembongan?
    kita cewe2 semua soalnya, pada ga bisa naek motor lagi.. heheheheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis, uda berangkat belom? Kemaren nunggu pick up nya di jembatan kuning, jembatan penghubung antaraa nusa lembongan dan nusa ceningan.. banyak sih sis pick upnya, dateng pagian aja biar bisa keliling lebih lama.. have a nice trip yaaaaa

      Delete