August 8, 2014

Pura Agung Blambangan #BanyuwangiDay5

Untuk melengkapi perjalanan kami kali ini, tidak lups kami melakukan wisata religi *tepatnya disarankan oleh Pakde, hehe*. Yang kami kunjungi adalah Pura Agung Blambangan yang terletak di Desa Tembok Rejo kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Pura blambangan merupakan pura terbesar di banyuwangi >> Pura Blambangan dan merupakan Pura terbesar kedua di pulau Jawa setelah Pura Gunung Salak, yang terletak di Jawa Barat


Untuk menuju Pura Agung Blambangan, dari kota membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan mobil. Jalan yang dilalui merupakan jalan di tengah kota banyuwangi, sehingga tidak sulit untuk mencapai Pura Agung Blambangan.

 Setelah memasuki areal pura, di jaba tengah terdapat Wantilan yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk kegiatan keagamaan seperti tari tarian, atraksi kesenian dan lain-lain.  Areal Pura Agung Blambangan sangat luas, di dalamnya terdapat bangunan utama  berupa padmasana yang tinginya sekitar 10 meter, diapit 2 buah patung yang mengalirkan air suci atau tirta, di areal ini juga terdapat beberapa bangunan suci.
Sesampai di Pura, kita bertemu dengan seorang Pemangku, sebelum sembahyang, kami memperkenalkan diri, serta menjelaskan maksud dan tujuan kami datang ke pura. Suasana sembahyang disini sangat hening dan khusuk. Pada saat itu ada juga warga lain yang sedang tirta yatra bersembahyang disana.

Pura Agung Blambangan merupakan salah satu pura yang sering dikunjungi umat hindu dari banyuwangi maupun dari luar banyuwangi.

Karna waktu kedatangan kami sudah malam, kami tidak sempat melihat2 ke sekeliling pura, dan to the point untuk sembahyang saja, hehe

No comments:

Post a Comment