August 29, 2014

Mata Air Guyangan Nusa Penida


Siapkan peralatan dan perlengkapan, Handphone, Powerbank, Kamera Pocket, Kamera Underwater, SLR, go go go! 
formasi  PENCILS kali ini Feby, Dewi, Yoka, Diah, Adita, Jun, Chacha, Velly, Rara, Surya Edul, Adi, Eka, Agung, Oka. sudah siap mengeksplorasi pemandangan di Mata Air Guyangan.

Bareng sama Adi Si Local Boy Kece, aku berangkat paling depan, disusul 6 motor lainnya, tapi sempet di salip sama tongsisnya dewi untuk ngerekam perjalanan. Antusias luar biasa deh sma perjalanan ini. mata Air Guyangan terletak di Desa batu kandik, Kecamatan Nusa Penida. Dari Penginapan juga cukup lama, mungkin 30 menit, plus dibawah sinar matahari siang bolong itu sesuatu banget. Tapi tetep kesampean.

Sepanjang jalanan yang berliku dan berbukit, megusir rsa bosan, aku n adi konser bareng, lagunya "mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra, bersama teman, bertualang..." tau lagu itu? berarti masa kecilmu bahagia :D

Perjalanan dari pintu masuk sampai ke mata air guyangan, cukup eksotis, melewati tangga-tangga yang cukup banyak, tangga besi yang sudah mulai rapuh *sensainya gimana gitu* dan mitos yang bilang kalau naik atau turun disini ga boleh bilang cape, dan ga boleh ngomong sembarangan. 


Tempatnya masih alami, masih jarang wisatawan yang melancong kesini. TRUS Apa yang bagus disini? BANYAK. Mata airnya keren, pantainya keren, tempat mandinya keren, karang karangnya keren. Ga nyesel bro kalo kesini bro. Cape perjalanan turun menuju Mata air seketia hilang pas tangan uda megang airnya. Jernih, bersih, dingiiiin. Rasanya temen-temen juga punya pendapat yang sama. Setiap 5 meter jalan pasti fotoan, pake SLR, pocket, handphone, semuanya dipake, jangan ditanya deh berapa jumlah fotonya. 
 
photo taken by : diah 
Dari sumber berita yang sempat saya baca beberapa detik yang lalu, Sumber air Guyangan diproyeksikan dapat mengalirkan air bersih ke delapan desa di Nusa Penida yakni Desa Kutampi, Batu Kandik, Sekar Taji, Batu Madeg, Tanglad, Pejukutan, Klumpu, dan Bunga Mekar. Debit air yang dikumpulkan Guyangan yaitu 178 liter perdetik sehingga akan bisa mencukupi seluruh kebutuhan warga Nusa Penida. Pahlawan banget. Ternyata ini maksud pipa-pipa yang ada disepanjang jalan kemarin.


photo edited by : yoka
HTM Free!!
Inget, jangan buang sampah sembarangan!

2 comments:

  1. halo, mbak aku mau tanya donk. Guyangan ini lokasinya dimananya nusa penida ya? Aku mau ke sana tapi masih sedikit yang share detail perjalanannya.. Kalau dari Toya Pakeh jauh gak ke sini? Thank you in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayaan.. Sejaman lah.. Pake google map nyampe kok kalo sinyalnya bagus hehe

      Delete