August 29, 2014

Pura Dalem Ped Nusa Penida

Pura ini sangat terkenal namanya Pura Penataran Agung Ped (kata Ped sering  ditulis dan diucapkan Peed). Tapi pura ini sering disebut Pura Dalem Peed. Letak pura ini di Desa Peed, Sampaian, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Untuk menuju pura ini, umat harus menyeberang laut dari Pelabuhan Padangbai. Bisa juga dari Pantai Sanur, Denpasar.  Sejarah Pura Dalem Ped .
(surya, rara, oka)

Di pura ini terdapat 4 tempat untuk bersembahyang yaitu Pura Segara, Pura Taman Sari, Pura Dalem Ped dan Pura Penataran. Karena sendirian, konsentrasi belum penuh, urutan sembahyang aja saya salah, maafkan ya Tuhan, tapi niatnya tulus dari hati yang terdalam.


Perjalanan belum lengkap rasanya kalau ga ada wisata religi. Sekali-sekali jadi angel lah yaaa, esok balik lagi jadi devil.  Walaupun lupa bawa kamen dan ga bawa peralatan persembahyangan, kalau udah niat, pasti ada jalan. There is a will, There is a Way! 

Makasih ibu-ibu pedang pejati dan canang, untuk sewa kamen dan selendangnya juga.
Terutama buat ibu-ibu yang aku lupa namanya, yang ngasi jalan pencerahan, yang bantuin ngaturin perjati, makasih banyak semoga amal ibadahnya dilipat gandakan, astungkara :)  

No comments:

Post a Comment