August 31, 2014

Crystal Bay Nusa Penida


Crystal Bay alias Penida Bay adalah situs menyelam yang paling terkenal di Bali untuk melihat Mola-Mola (sunfish laut) selama Juli sampai pertengahan musim November. Ini tidak berarti itu satu-satunya tempat untuk melihat mola mola namun yang terbaik karena di musim yang ini, bisa ada cukup banyak kapal / penyelam dan semua orang berharap untuk sekilas melihat Mola-Mola. Apa itu mola-mola? Ga tau juga, ga ketemu sih. Coba google aja pemirsah.

photo taken by : oka

Di Crystal Bay kita akan melihat sebuah batu besar terisolasi di tepi teluk. Terumbu karang keras dari 5m bibir pantai, memiliki basis pasir putih, dan ditutupi dengan anemon dan karang lunak.  

Kehidupan laut  di Crystal Bay termasuk angelfish, sweetlips, ikan kodok, ular laut Banded dan banyak berhala Moor. Anda juga dapat mengharapkan untuk melihat hiu Wobbegong sesekali dan sinar Manta. Di bawah 27m kita sering menemukan Dihiasi dartfish.

Yaps. Sekilas tentang Crystal Bay. Perjalanan dari Penginapan ke Crystal bay sepertinya cukup lama sekitar 30 menit. Seperti biasa perjalanan tanpa helm dan tanpa ditilang polisi di kawasan Nusa Penida. Jalan yang dilewati berbukit-bukit tapi cukup aman dilewati. Jangan tanya aku jalannya lewat mana, mending tanya sama orang di jalan di Nusa Penida ya, mereka baik-baik dan ramah.

Disekitar Crystal Bay kita dapat melihat banyak pohon kelapa. Ada 2 pedagang makanan kecil-kecilan di pinggir pantai. Yang aneh, harga makanan yang sama bisa berubah ubah, Mie goreng dijual dengan harga 5.000, 6.000, bahkan 7.000 mungkin ibunya bingung *dunno*. Karena cukup ngantuk, silau silau gimana gitu, akhirnya tidur deh dipinggir pantai. Tapi ada beberapa temen yang maen membelah ombak *cuma mereka yang ngerti permainan ini* hehehe.

Walaupun ombaknya cukup keras, katanya disini bisa diving. Entahlah. Oya, sunset disini juga keren. 
 
photo taken by : oka 
Tapi kejadian yang ga enak harus terjadi, karena kita menyaksikan ada beberapa pemuda yang sedang berenang tapi terseret arus. 3 diantaranya berhasil ditemukan, namun 1 lagi hanyut dan sampai malam tidak ditemukan, tapi keesokan harinya saya baca koran kalau mayatnya sudah menjadi Mr. X di Pantai Matahari terbit (edisi denpost 25 atau 26 agustus 2014). Semoga almarhum diterima disisinya.

HTM : Free
Harga makanan : pas di kantong :D

No comments:

Post a Comment