August 7, 2014

Mendaki Gunung Ijen #BanyuwangiDay2

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 mdpl. Untuk mendaki ke gunung inisaya berangkat dari Bali menuju banyuwangi melewati pelabuhan Gilimanuk-Ketapang. 




Untuk masuk ke areal gunung, dikenakan retribusi sebesar Rp 3.000 per orang.  Perjalanan menuju puncak gunung, melewati jalan setapak, dan tidak ada jalan yang bercabang. Jadi pendakian disini dipastikan aman dan tidak ada yang akan kesasar. Pendakian berlangsung santai. Saya berangkat jam 01.00 WIB dari p\arkiran dan sampai di puncak sekitar pukul 03.30 WIB. Dan tujuannya adalah melihat "Blue Fire" atau api berwarna biru yang ada disekitaran kawah Gunung Ijen. 

Untuk mendaki di Gunung Ijen, kita harus siap dengan kepulan asap belerang, harus membawa masker atau penutup hidung karena bau belerangnya sangat pekat, kuncinya adalah jangan panik, bernafas seperti biasa, kalau tidak kuat, lambaikan tangan *ups* segera turun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti lemas dan keracunan asap belerang.

Setelah di ketinggian 2000an mdpl, kita dapat beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) jalur selanjutnya relatif agak landai. Taraaaaa!!! Sampai di puncak. Dan kita sempat melihat Blue Fire!! Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal. Kemarin saya dan teman-teman tidak menuju kawah karna sesuatu dan lain hal. hehe. Suhu di puncak sangat dingin *menurut saya* tapi teman saya dewi, she is the strong girl, bisa-bisanya ga pake kaos kaki n cuma pake sandal buat mendaki. yayaya sudah profesional. kalau saya sih amatir :D

Berbeda dari gunung lainnya, mendaki Gunung Ijen, kita dapat membeli oleh-oleh langsung khas Gunung Ijen yaitu Belerang. Belerang ini sudah dibentuk sedemikian rupa oleh penambang dan penjual disini. Harganya juga terjangkau yaitu Rp 5.000-15.000




HTM Gunung Kawah Ijen Rp 3.000/orang
Kerajinan dari Belerang     Rp 5.000-15.000
Parkir Free

No comments:

Post a Comment