August 31, 2014

Gala Gala Underground House Nusa Lembongan

Sebenernya liputan ini pasti lebih seru kalo ada videonya, tapi presenternya lagi sakit tenggorokan, cukup foto aja, next time pasti dibikinin video.

Gala gala adalah goa buatan manusia. Jadi dikenal juga dengan nama Gala gala underground house. Perjalanan dari jembatan kuning ke gala gala cuma 5 menit, deket, tapi terasa agak lama karna jalan disini masih rusak, jadi, pick up oleng kapten. Pick up berhenti di depan gang kecil, turun disini, kita jalan di gang sekitar 20 meter terus ada tulisan gala-gala di kiri jalan. Masuk.

Di depan ada bapak bapak yang jaga dan dikenakan tarif masuk Gala gala 10.000/orang. Goanya rapi, seperti goa alami, tapi karena buatan manusia jadi banyak lubang udaranya, ada lampu juga di dalem.
Karena unik, Goa Gala-gala menjadi salah satu destinasi top dari sekian banyaknya objek wisata di Bali. Rumah tersebut dibangun pada tahun 1961 dalam kurun waktu sampai 15 tahun oleh seorang jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa, beliau juga berprofesi sebagai petani juga seorang pertapa, proses pengerjaannya pada masa tersebut masih menggunakan alat-alat konvensional seperti linggis, menggunakan banyak kotoran sapi yang dibakar sehingga batu kapur lebih mudah digali, goa tersebut kemudian dijadikan tempat tinggalnya, sebuah maha karya yang sangat pantas untuk dihargai dan dijadikan situs warisan budaya.

Areal tempat dibangunnya Goa Gala-gala ini, di bawah lahan sekitar 4 are, di areal ini terdapat pelinggih (bangunan suci), 2 buah bangunan rumah adat tempat memajang kain tenun endek dan cepuk hasil kerajinan penduduk di Pulau Nusa Penida dan sumur serta tidak ketinggalan photo-photo almarhum Mangku Byasa, kemudian ada 3 buah pintu masuk menuju ke rumah bawah tanah tersebut.
Untuk masuk ke dalamnya anda harus menuruni anak tangga sekitar 2 meter, rumah yang dalam bahas Inggrisnya dinamakan juga Underground House ini, lorongnya sampai pada kedalaman 7 meter dibawah permukaan tanah, didalamnya anda menyusuri lorong-lorong dan juga terdapat sejumlah ruangan dengan fungsi berbeda seperti ada tempat meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur dan juga sumur, dibeberapa sudut ruangan dilengkapi lampu penerang. Ruang-ruang di bawah tanah ini tidak terlalu tinggi antara 1-2 meteran, sehingga pengunjung kadang harus membungkuk, udara dalam ruangan cukup sejuk.

 



HTM Gala gala 10.000/orang

No comments:

Post a Comment