April 28, 2014

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Pada Kinerja Lingkungan Berbasis PROPER


Judul      :  Pengaruh Karakteristik Perusahaan Pada Kinerja Lingkungan Berbasis PROPER (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Nama     :   Candra Widi Sari
NIM      :   1006305028

ABSTRAK

Interaksi antara lingkungan dan kegiatan ekonomi memunculkan berbagai dampak. Semakin tinggi interaksi kegiatan ekonomi dan lingkungan maka semakin besar dampak yang dihadapi terhadap degradasi lingkungan. Kasus-kasus lingkungan akibat ketidakpedulian dan ketidakpatuhan perusahaan terhadap lingkungan banyak terjadi. Kepedulian pemerintah Indonesia terhadap kelestarian lingkungan dengan mengadakan tindakan pengawasan pengelolaan lingkungan yaitu Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) oleh Kementrian Lingkungan Hidup yang berupa pemberian insentif atau disentif kepada perusahaan yang bertujuan untuk mendorong perusahaan untuk taat terhadap peraturan lingkungan hidup dan mencapai keunggulan lingkungan (environmental excellency).
Penelitian ini bertujuan menemukan pengaruh karakteristik perusahaan berupa profile, size, leverage, profitabilitas, dan growth pada kinerja lingkungan berbasis PROPER. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Obyek Penelitian dalam penelitian ini adalah Kinerja Lingkungan Tahun 2010-2012 di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. Jumlah sampel yang digunakan adalah 18 perusahaan dengan 54 laporan keuangan. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa profile, leverage, profitabilitas dan growth tidak berpengaruh pada kinerja lingkungan berbasis PROPER. Sedangkan variabel size berpengaruh positif pada kinerja lingkungan berbasis PROPER. Penelitian ini membuktikan bahwa manajemen perusahaan memperhatikan reputasi perusahaan di mata stakeholder, dimana semakin besar ukuran perusahaan, semakin tinggi tingkat kepedulian manajemen terhadap reputasi perusahaaan yang dilakukan dengan perbaikan kinerja lingkungan.

Kata kunci:  profile, size, leverage, profitabilitas, growth, kinerja lingkungan, PROPER

No comments:

Post a Comment